Langkah Awal Menuju Kesuksesan Dimulai Dari Menjadi Seorang Mahasiswa Baru Yang Mengamalkan Trilogi Nusa putra

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Shalom

Om swastiyastu

Namo budhaya

Salam sejahtera

Salam kebajikan bagi kita semua

Saya Siti Sara Fauziah saya dari program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), saya sebagai mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024.

   Disini yang saya tau prodi pendidikan guru sekolah dasar adalah prodi yang diminati banyak mahasiswa baru pada tahun akademik 2023-2024 ini. Tidak dapat dipungkiri program studi yang satu ini memiliki prospek kerja yang cukup luas seperti misalnya menjadi seorang tenaga pendidik atau bisa dibilang seorang guru sd juga, lalu menjadi konsultan pendidikan juga, menjadi guru les maupun bimbel juga. Kita juga bisa menjadi seorang kepala sekolah dan dosen juga loh asalkan kita mampu dan sanggup melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi seperti magister, doktor, maupun professor. 

   Kenapa saya memilih program studi pgsd ini karena yang pertama saya merasakan kenyamanan bisa berada dilingkungan anak anak, saya juga merasa beban dan masalah yang ada dikepala saya hilang ketika melihat mereka tertawa bersama saya, lalu saya juga ingin mendorong diri saya menjadi pribadi yang dapat membawa orang orang ke arah positif lalu menjadi teladan dan contoh yang baik bagi anak anak dan menjadikan anak anak bangsa kita menjadi generasi emas yang berguna bagi nusa bangsa dan agama. 

   Sebenarnya cita cita paling tinggi saya adalah menjadi seorang menteri perlindungan anak. Mengapa? Karena jika melihat anak anak saat ini banyak sekali anak anak terlantar yang sudah bekerja dan mencari nafkah untuk orang tuanya sedangkan mereka masih seorang anak anak yang masih menginginkan dunia mereka ini diisi dengan bermain namun malah sudah mengenal hal hal yang sebenarnya belum patut mereka lakukan. Disini saya berpikir peran kita sebagai orang dewasa ini apa? Kok bisa bisanya anak anak yang masih kecil sudah dipaksa untuk menggantikan peran orang tuanya. Mungkin ada banyak sekali masalah di setiap keluarga namun apakah menjadikan seorang anak kecil tulang punggung keluarga adalah jalan terbaik untuk permasalahan itu?. Nah dari sini saya berpikir apa yang harus pikirkan agar kedepannya anak anak yang ada di Indonesia ini tidak ada lagi anak yang ditelantarkan dan dipekerjakan. Sebenarnya saya juga tau kementerian saat ini sudah pasti tau solusi apa yang harus mereka lakukan oleh sebab itu saya juga ingin bergabung dengan mereka. Dari sini saya berpikir menjadi guru sd yang selalu berbaur dan bergaul dengan anak anak adalah upaya pertama yang harus saya lakukan untuk meraih cita cita saya yang lebih tinggi kedepannya. 

  Sebelumnya disini saya ijin memaparkan tentang sedikit rincian mengenai trilogi nusa putra yang menjadi tema mabim tahun 2023 ini. Bunyi trilogi ini ialah Amor deus , Parentium , dan Conservice . 

   Amor Deus yang artinya cinta kasih tuhan, menurut saya cinta kasih terhadap tuhan ini adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan karena kehidupan yang saat ini sedang kita nikmati ialah ciptaan tuhan, oleh sebab itu kita sebagai mahluk yang diciptakan oleh tuhan alangkah baiknya untuk selalu bersyukur dan senantiasa taat kepada tuhan kita dengan selalu rajin beribadah kepadanya, melaksanakan segala perintah perintah nya dan senantiasa selalu menjauhi larangannya. 

   Amor Parentium ialah cinta kasih orang tua, tanpa adanya orang tua didunia ini kita tidak akan ada didunia ini, maka oleh sebab itu hormati selalu mereka, hargailah selalu mereka.  Kita juga tau berapa besar kasih sayang mereka yang telah mereka berikan kepada kita, berapa besar usaha dan kesabaran mereka kepada kita, kita juga tau kita tidak bisa membalas jasa yang setimpal kepada mereka. Mulai saat ini marilah kita untuk selalu mendoakan mereka,  membantu meringankan beban beban mereka dan selalu membuat mereka tersenyum bahagia atas pencapaian kita. 

   Amor Conservice adalah cinta kasih sesama. Kita tau bahwa kita sebagai manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan, kita tidak bisa untuk hidup sendirian didunia ini kita juga pasti akan selalu membutuhkan mereka. Saling tolong menolong, bertoleransi , saling menghargai dan senantiasa selalu membawa perdamaian terhadap sesama. Meskipun akan selalu ada saja perbedaan diantara setiap insan didunia ini. Namun, perbedaan bukanlah penghalang untuk kita berbuat kebaikan.

   Trilogi tersebut juga merupakan nilai nilai luhur yang menjadi manifesto dalam perjuangan meraih visi misi universitas nusa putra. Mari kota selalu junjung tinggi trilogi tersebut agar kelak kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

  Selanjutnya disini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya menjadi seorang mahasiswa baru di masa bimbingan tahun 2023 ini. Pada mabim tahun ini yang bertemakan amor deus, parentium, dan conservis ini saya akan merasakan ternyata cinta kasih tuhan, cinta kasih orang tua dan cinta kasih terhadap sesama itu sangat bersangkutan dengan mabim ini. Yang dimana disini kami yang berbeda belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi juga. tidak lupa juga untuk kita selalu menghormati kedua orang tua kita dan kita juga untuk tidak lupa dengan kewajiban yang harus kita lakukan kepada tuhan kita. Disini juga kita senantiasa belajar selalu saling menolong dan saling bekerja sama bersama teman teman kelompok kita agar mencapai tujuan kita yang satu.

Dokumentasi Kelompok saya ialah kelompok 36 jayapura

 Cerita lebih rincinya mengenai mabim untuk hari pertama pengalaman yang saya lihat dan yang saya dapatkan adalah ternyata universitas nusa putra ini benar benar universitas multikultural yang dimana banyak sekali perbedaan didalamnya. Dari situ saya mulai merasakan ternyata menyatukan perbedaan dan bertoleransi itu bukan hal yang mudah. Banyak sekali penghalang yang menghalangi kita untuk saling bertoleransi dimulai dari perbedaan bahasa, perbedaan ras dan perbedaaan lainnya. Namun menurut saya kita semua pasti dapat bersikap toleransi kepada siapapun asalkan kita ada niat untuk melakukannya. 

  Pada saat mabim juga kita diberitahu bagaimana sistem perkuliahan di universitas nusa putra ini berjalan. Lalu saya juga diajak lebih kenal dengan program studi Pendidikan guru sekolah dasar ini. dan disini kami diberitahu bahwa apa saja yang harus kami lakukan agar masa perkuliahan kami dapat berjalan dengan lancar.

  Sekian dari saya hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, maaf jika masih banyak kekurangan dan kesalahannnya karena saya masih dalam tahap belajar. Semoga kita semua selalu berbahagia dan senantiasa selalu mengingat trilogi nusa putra ini. Sampai berjumpa diblog berikutnya. 

Terimakasih

wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Komentar