ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN



1. Jelaskan definisi dari algoritma ?

  “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.
Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Algoritma Merupakan Jantung Ilmu Informatika
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu computer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma
      contoh algoritma :
  Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap
Algortima Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap 
  • Inputkan sebuah bilangan (bilangan bulat)
  • Bagi bilangan yang sudah diinputkan dengan angka 2
  • Jika menghasilkan sisa pembagian ( 0 ) maka bilangan tersebut genap
  • Jika menghasilkan sisa pembagian bukan (0) bimaka bilangan tersebut ganjil
 Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap 
contoh algoritma dan flowchart


2. jelaskan definisi pemrograman ?
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.[1] Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritmelogikabahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
  
contoh pemrograman:
 Bahasa Pemrograman JavaScript
Contoh bahasa pemrograman yang pertama yaitu JavaScript.
Dilansir dari wikipedia JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman populer di internet. JavaScript dapat bekerja disebagian besar browser populer yaitu : Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan lainnya. Kode-kode JavaScript dapat disisipkan di dalam halaman web menggunakan tag script.
Umur bahasa pemrograman ini sebetulnya sudah 20 tahunan. Dan dalam kurun waktu tersebut kini JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Hampir semua website ataupun blog yang modern sekarang ini sudah menggunakan JavaScript. Karena dengan menggunakan Javascript website bisa menjadi interaktif dan dinamis.
















Komentar